Kegunaan drone dalam industri | sewa drone

sewa drone bandung

Kegunaan drone dalam industri perkebunan

1. Pemetaan hutan dan keanekaragaman hayati
Drone dapat digunakan dalam pemetaan hutan. Sebuah drone kecil dikerahkan untuk terbang di atas area berhutan dan ini mampu mengembalikan data yang menunjukkan luasnya hutan dan informasi terkait lainnya termasuk aktivitas manusia di sekitar hutan.

2. Manajemen kehutanan dan kehutanan yang presisi
Parameter yang berbeda terkait dengan hutan seperti luasnya tutupan kanopi, jumlah pohon dan estimasi volume juga dapat dicapai secara efisien melalui penggunaan pesawat terbang tanpa awak. Data ini dikumpulkan dengan menggunakan drone biasanya akurat dan dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang cepat dan lebih baik dibandingkan dengan metode lain.

3. Memetakan celah kanopi
Gangguan hutan sebagian besar disebabkan oleh angin dan salju dan ini berdampak langsung pada produktivitas tegakan hutan. Ini juga mempengaruhi regenerasi.

Citra satelit pada awalnya digunakan untuk mengakses data semacam ini dengan memetakan celah kanopi tetapi informasinya tidak seakurat yang diperlukan.

Namun ini berubah dengan diperkenalkannya penginderaan jauh drone.

4. Mengukur celah tajuk hutan dan atribut penting lainnya
Ketinggian tajuk dan atribut tajuk lainnya adalah beberapa fitur hutan terbaik yang digunakan oleh para profesional hutan.

Data ini perlu diakses secara akurat dan berkat teknologi LiDAR yang sekarang dapat dipasang pada drone, informasinya dapat diakses dengan cepat dan efisien.

5. Menangkap data hutan
Drone sekarang dapat digunakan untuk menangkap data hutan penting seperti kedalaman salju di hutan, atribut kanopi seperti celah kanopi dan tingkat penyimpanan karbon di dalam hutan.

Informasi ini tidak hanya relevan bagi para peneliti hutan tetapi juga bagi para petani hutan.

6. Pemetaan 3D untuk penyimpanan karbon
Di masa lalu, mengukur tingkat penyimpanan karbon dalam biomassa sangat padat karya dan sangat mahal.

Namun berkat pengenalan teknologi drone, penginderaan jauh sekarang dapat digunakan untuk mendapatkan pemetaan 3D penyimpanan karbon di dalam hutan.

7. Penanaman pohon dengan drone
Menanam pohon di daerah berhutan bukanlah tugas yang mudah. Tanah sering tidak terdistribusi secara merata dan terkadang tidak dapat diakses.

Drone dapat digunakan untuk mendistribusikan bibit di area ini dengan cara yang cepat dan efisien dan memastikan pohon ditanam.

9. Menyimpan hutan hujan
Drone sekarang digunakan untuk melakukan survei udara hutan hujan untuk menentukan di mana pohon-pohon telah dipengaruhi oleh aktivitas manusia dan pola yang digunakan untuk mencapai hal ini.

Drone kemudian dapat menyampaikan data ke otoritas terkait yang menggunakannya untuk membuat keputusan.

10. Memantau penggalian ilegal
Drone dapat digunakan untuk memantau penggalian ilegal terutama di daerah berhutan yang tidak mudah diakses oleh manusia.

Drone dapat terbang di atas area-area ini dan mengambil gambar yang jelas dari kerusakan yang disebabkan di area-area ini dan memberi tahu pihak berwenang tentang langkah-langkah perbaikan yang harus diambil.

11. Mengukur simpanan hutan
Sebagian besar perusahaan sekarang menggunakan drone untuk mengukur timbunan di hutan. Data jumlah kayu bulat, jumlah serbuk gergaji dan kepingan kayu sekarang dapat dengan mudah ditentukan dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada sebelumnya.

12. Untuk menjatuhkan pupuk
Salah satu pekerjaan terberat dan padat karya adalah menaburkan pupuk kandang dan pupuk di daerah berhutan.

Drone sangat berguna dalam membantu menyebarkan pupuk ke daerah berhutan yang sebelumnya tidak dapat diakses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.